Seminar Hukumonline 2012
Memahami Jurus-Jurus Efektif & Terukur dalam Menghadapi Gugatan Hukum Konsumen (Strategi di Dalam dan Luar Pengadilan)
Bagaimanakah trik-trik untuk menghadapi gugatan hukum konsumen di dalam maupun di luar pengadilan?
 
Project
 

Dalam industri perdagangan barang dan/atau jasa, hak konsumen dijamin perlindungannya oleh Negara melalui seperangkat peraturan perundang-undangan, salah satunya adalah Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU No. 8/1999).

 

Ketika konsumen merasa haknya dilanggar oleh pelaku usaha, konsumen dapat memilih untuk menyelesaikan sengketa melalui jalur non-litigasi atau litigasi. Berdasarkan Pasal 45 UU No.8/1999 konsumen dapat menggugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha (dalam hal ini BPSK atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dan beberapa LSM lainnya) atau melalui peradilan yang berada di lingkungan peradilan umum.

 

Memang tak dapat dipungkiri, dengan membiarkan gugatan tersebut dibawa ke pengadilan dapat menimbulkan preseden buruk bagi pelaku usaha tersebut ke depannya. Namun, ketika perusahaan terlalu mudah mengikuti klaim konsumen, pelaku usaha justru dapat menjadi pihak yang dirugikan oleh perilaku konsumen. Oleh karena itu, para pelaku usaha perlu memahami bagaimana caranya menghadapai gugatan atau klaim dari konsumen sebelum terburu-buru dalam mengambil keputusan. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, Hukumonline didukung oleh Adams & Co. bermaksud mengadakan seminar dengan judul “Memahami Jurus-jurus Efektif & Terukur dalam Menghadapi Gugatan Hukum Konsumen (Strategi di dalam & Luar Pengadilan)”.

Waktu & Tempat Kegiatan:

Hari/Tanggal: Rabu, 29 Februari 2012

Pukul: 08.30 – 13.00 WIB

Tempat: Hotel Aryaduta, Jl. Prapatan 44-48,Jakarta

 

Investasi*:

Umum : Rp 990.000

Early Bird, pembayaran s/d 16 Februari 2012: Rp 935.000

Pelanggan Hukumonline.com: Rp 880.000

*Dapatkan group discount untuk 3 (tiga) atau lebih peserta dari 1 (satu) perusahaan (dalam 1 (satu) transaksi pembayaran)

Pembicara:

  • David M.L. Tobing (Partner Adams & Co.)
  • Srie Agustina (Direktur Pemberdayaan Konsumen Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan RI)
  • Reza P. Topobroto (Presiden Indonesian Corporate Counsel Association (ICCA))

Fasilitas:

Seminar kit, sertifikat, 1x coffee break, makan siang, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

 

Pendaftaran:

Download formulir pendaftaran

Kirimkan melalui faksimili (021) 8370 6156 atau email: talks@hukumonline.com

Pendaftaran Peserta SEMINAR dengan cara transfer biaya investasi ke rekening :

BCA Cabang Menara Imperium

an. PT Justika Siar Publika Nomor: 221 – 3004 – 816

 

Contact :

Dewi Puspitasari (021) 8370 1827 atau email: talks@hukumonline.com

Calon peserta dinyatakan berhak mengikuti seminar setelah mengisi form secara lengkap dengan disertai bukti slip transfer

Calon peserta yang hanya mengirimkan salah satu (form atau bukti pembayaran) belum dapat dinyatakan sebagai peserta seminar

TEMPAT TERBATAS

About Administrator Law

FW Law firm offers integrated legal services to individual and corporate client.

Comments are closed.